Praktikum 1 Animasi 2D
I. Judul:
Praktikum 1- Membuat Animasi Pertama
II. Tujuan: Mencoba membuat animasi pertama
III. Alat: Mouse, Mac
IV. Bahan: Adobe After Effect, Adobe Illustaror
V. Dasar Teori:
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek
(gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah
ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut
dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.
Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu animate yang
artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan
proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi
yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek penting,
yaitu objek atau gambar dan alur gerak.
Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar
yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta
sebuah ilusi gambar bergerak.
Prinsip dasar animasi ditemukan dari karakter mata manusia yaitu
: persistance of vision (pola penglihatan yang
teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre
Desvigenes, dengan alat optik yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan
bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu
tertentu sebagai sebuah pola.
Animasi 2D
Animasi 2D adalah penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut, atau “frame”, yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar menunjukkan berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah.
Animasi 2D adalah penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut, atau “frame”, yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar menunjukkan berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah.
VI. Tugas Praktikum: Buatlah sebuah animasi
VII. Petunjuk Praktikum: -
VIII. Hasil Praktikum:
Pada praktikum pertama kali ini, saya
membuat animasi 2D sederhana menggunakan aplikasi Adobe After Effect. Pertama,
saya mencoba membuat gambar boneka vector dahulu pada Adobe Illustrator dengan
layer terpisah setiap anggota badannya agar bisa diganti position nya. Kemudia File yang sudah jadi di Ai tersebut di import
ke Adobe After Effect. Pada layer satu saya hanya mengubah posisi tangan oneka
ke atas dan bawah sampai detik ke 5, begitupun dengan layer dua, tiga, dan
empat yakni kepala, badan dan kaki. Karena saya belum tahu tentang Adobe After
Effect, jadi saya hanya membuat animasi sederhana dengan hanya memindah position.
IX. Kesimpulan:
1. Adobe After Effect dapat digunakan untuk
membuat animasi
2. Untuk membuat animasi sederhana dapat
dengan cara mengubah position, scale, rotation
3. Untuk menyimpan hasil animasi harus di
render dahulu
X. Referensi:
Komentar
Posting Komentar