Praktikum 2 Animasi 2D

LAPORAN PRAKTIKUM KE-2 ANIMASI 2D
Judul: Mengaplikasikan elemen shape
Tujuan: Mengeksplore possibilities dalam menganimasikan elemen shape
Alat: Power Point
Bahan: (sembarang geometric shape)
Dasar Teori:
Bentuk geometris adalah bentuk yang secara umum mempunyai kontur yang tegas, jika pengukuran eksternal sama secara matematis dalam berbagai arah.

Bentuk geometris, yaitu bentuk-bentuk tertentu yang terukur dan dapat didefinisikan, seperti lingkaran, bola, persegi, tabung, limas, dan sebagainya. Bentuk geometris sering juga dikatakan sebagai bentuk mutlak atau murni.

Unsur-unsur yang perlu Diperhatikan dalam Menggambar Bentuk
Faktor atau unsur-unsur yang mendapat perhatian dalam kegiatan menggambar bentuk adalah berikut.
a.    Bentuk dan proporsi (perbandingan ukuran antara bagian-bagian) benda
Setiap benda memiliki bentuk dan proporsi yang khas. Bentuk silindris atau kerucut terpancung dari sebuah poci dengan bagian pegangan dan bagian mulutnya memiliki ciri khas, bahkan ada asas rasional fisika yang perlu diperhatikan. Salah satu cara untuk mengecek kewajaran proporsi adalah dengan menggunakan pensil yang diukurkan pada objek.
b.    Perspektif
Walaupun kajian perspektif dilakukan dalam pokok bahasan tersendiri, dalam menggambar bentuk kesan perspektif tak bisa diabaikan. Perlu ada kewajaran kesan pandangan mata. Pada umumnya, kesan perspektif di sini tidak dibesar-besarkan, karena benda yang digambar berukuran relatif kecil. Mengenai perspektif ini akan dibahas lebih lanjut dalam subbab berikutnya.
c.    Cahaya-bayangan
Kesan cahaya bayangan, yang dibuat dengan teknik arsir atau pulasan bukan saja untuk menggambarkan benda sesuai dengan yang tampak secara wajar, tetapi juga dalam teknik arsir itu sendiri terdapat nilai keindahan. Gaya goresan bisa ekspresif atau rapi (teratur), sesuai dengan pilihan kalian sendiri, tetapi memerlukan ketelitian dan perlu dilatih dengan saksama. Perlu dicermati
bagaimana bayangan dan cahaya pada bidang datar; silinder atau bulat pada benda kasar atau halus.
d. Pemanfaatan alat sesuai dengan karakteristiknya
Pensil lunak (soft) jenis 2B atau 4B memiliki karakter berbeda dengan pensii keras (hard) jenis H. Pensii yang dimiringkan memberi bekas berbeda dengan yang digunakan secara agak tegak. Karakter goresan pena dan oil pastel berbeda. Jadi, masing-masing alat memiliki kemungkinan yang khas dan bervariasi. Alat-alat tersebut harus dimanfaatkan seoptimal mungkin.

Tugas Praktikum:
1.       Animasikan posisi dari sebuah Geometri Shape
2.       Animasikan posisi dari sebuah Geometri Shape
3.       Animasikan posisi dari sebuah Geometri Shape
4.       Buat animasi bebas menggunakan Geometric Shape, dan ceritakan properti apa saja yang dianimasikan
Hasil Praktikum:
1. Animasi Posisi



2. Animasi Rotasi


3. Animasi Scale


4. Animasi Free



Kesimpulan:

Referensi:
Danual Bridgemohan. "How to do a simple animation in Power Point", (video youtube)  https://www.youtube.com/watch?v=lyHNnFpRxYo
Kuswanto, "Menggambar Bentuk", (online)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum Minggu Ke-10: Konversi Mock Up Kedalam HTML (PART 2)