Praktikum 01 Animasi 3D-Logo 3D 360 (Turn Table Animation)
Logo 3D 360 (Turn Table Animation)
1. Tujuan
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation
2. Dasar Teori
Perbedaan animasi 2D dan 3D?
Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak bila kita proyeksikan akan terlihat seolah - olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di televisi maupun dilayar lebar jadi animasi kita simpulkan menghidupkan diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu.
Jenis animasi yang banyak dikenal adalah animasi 2D dan 3D. Perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x,y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata.
Jelaskan yang dimaksud dengan tracing?
Tracing atau trace berarti menelusuri atau penelusuran. Jika dikaitkan dalam dunia grafis, berarti menelusuri sebuah objek teertentu. Selain itu ada juga orang yang mengartikan bahwa Tracing berarti menjiplak ambar/objek. Namun dalam hal ini tentunya fungsi dari Tracing tidak semata – mata kita tidak kreatif sehingga harus meenjiplak gambar. Tracing berfungsi mengubah gambar bertipe bitmap menjadi vector.
Jelaskan perbedaan membuat animasi 2d di flash dengan cinema 4D?
Adobe Flash adalah software yang digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada fungsinya. Pada Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajatkarena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y. Sedangkan pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat
3. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R19
4. Bahan
Logo PENS
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian
6. Hasil Praktikum
7. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini saya mencoba membuat animasi 3D dari logo PENS yang dirotasi sebesar 360 derajat. Awalnya saya membuat logo PENSyang di tracing di Adobe Illustrator, selanjutnya file Ai tersebut disimpan dalam format Au versi 8 agar bisa dibuka lewat cinema 4D.
Selanjutnya masuk ke cinema 4D. Saya membuka file Ai tersebut lalu melakukan teknik extrude untuk menimbulkan efek 3D pada logo tersebut. Pada saat praktikum, saya menemukan kendala yakni logo saya tidak bisa diputar dan direkam, setelah saya coba berkali-kali, ternyata hal tersebut karena User Interface Cinema 4D versinya yang berbeda. Akhirnya logo saya dapat terputar.
Selanjutnya masuk ke cinema 4D. Saya membuka file Ai tersebut lalu melakukan teknik extrude untuk menimbulkan efek 3D pada logo tersebut. Pada saat praktikum, saya menemukan kendala yakni logo saya tidak bisa diputar dan direkam, setelah saya coba berkali-kali, ternyata hal tersebut karena User Interface Cinema 4D versinya yang berbeda. Akhirnya logo saya dapat terputar.
Komentar
Posting Komentar